KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA NEGARA INDONESIA

Sudah dijelaskan dalam tulisan sebelumnya mengenai hak kita sebagai warga negara Indonesia. Nah tentunya juga hak tanpa diring kewajiban akan terjadi suatu ketimpangan atau ketidakseimbangan. Di tulisan ini saya akan mencoba menjelaskna mengenai kewajiban kita sebagi warga negara. Tentunya ada hal-hal yang harus kita jalankan dan patuhi sebagai warga negar. Sama seperti halnya hak yang sudah diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945, begitupun kewajiban juga sama.

1.Pasal  27 ayat 1 dan 3

  • Pasal 27 ayat 1 : “Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”
    Disini saya juga memasukkan ayat ini sebagi salah satu kewajiban kita sebagai warga negara karena pada hakekatnya jika kita diberikan hak yaitu sejajar kedudukan hukumnya, tentunya kita juga harus bisa menjunjung hukum dan menghormatinya.
  • Pasal 27 ayat 3 : “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”

Diayat ini dituliskan kata-kata “berhak dan wajib”. Itu berarti ini merupakan hak serta kewajiban kita secara bersamaan. Bisa diumpamakan seperti ini, jika negara kita dalam keadaan genting maka diwajibkan bagi kita sebagai warga negara yang mampu untuk ikut menjaga dan membela negara kita, tetapi lain halnya jika seorang warga negara memiliki kekurangan fisik, itu akan menjadi haknya untuk ikut membela negara atau tidak.

2. Pasal 30 ayat 1

  • “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pertahanan dan keamanan negara”. Penjelasan mengenai pasal ini kurang lebih sama dengan penjelasan di pasal 27 ayat 3

3.Pasal 31 ayat 2

  • “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya”

Kita sebagai warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar (yang dicanangkan pemerintah adalah program wajib belajar 9 tahun) supaya tiap warga negara bisa mengenyam pendidikan standard dan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

One response to “KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA NEGARA INDONESIA

  1. Pingback: Pengantar Pendidikan | fikalpratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s