PENGALAMAN PRIBADI BERORGANISASI

Pengalaman berorganisasi pernah saya dapatkan di lingkungan rumah dan di lingkungan sekolah. Jika di lingkungan rumah, saya pernah dan sedang mengikuti kegiatan Karang Taruna, di lingkungan sekolah saya pernah berorganisasi dalam sebuah ekstrakurikuler yaitu Language Club. Mungkin dalam tulisan saya kali ini, saya ingin mebahas tentang keikutsertaan saya dalam organisasi di sekolah. Mengapa saya lebih memilih untuk membahas kegiatan organisasi saya di sekolah ? karena menurut saya, dalam organisasi  Language Club ini sangat aktif, dan memiliki tujuan / target goal yang berbeda dan lebih sempurna setiap tahunnya. Sedangkan saya tidak memilih untuk membahas kegiatan Karang Taruna di lingkungan rumah saya karea kegiatan organisasi ini hanya aktif kembali jika ada even Tujuh Belas Agustus saja, padahal seharusnya sebuah organisasi harus memiliki visi dan misi yang jelas agar bisa berkaembang dan lebih bermanfaat  untuk anggota dan masyarakat sekitar.

Oke, saya akan mulai membahas tentang ekstrakurikuler Language Club. Latar belakang saya memilih organisasi ini adalah karena kecintaan dan hobi saya dalam mempelajari bahasa dan budaya negara lain. Hal ini sangatlah menyenangkan, apalagi ditambah dengan kegiatan-kegiatan yang sangat mendukung para anggotanya untuk lebih mengeksplore kemampuan mereka dalam berinteraksi menggunakan bahasa asing selain Bahasa Indonesia, terutama berinteraksi dengan warga negara asing. Selain untuk lebih mengeksplore kemampuan, belajar bahasa asing juga sangat berguna dalam dunia kerja sekarang ini. Bahasa yang dipelajari dalam ekskul ini adalah Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin dan Bahasa Jerman. Tenaga pengajar ini pun sangat berkompeten di bidangnya. Pengajar yang mengajar Bahasa Inggris merupakan seorang lulusan pendidikan Sastra Inggris dan sekarang menjadi guru di sekolah saya. Pengajar Bahasa Jerman pun lulusan dari pendidikan Sastra Jerman dan sekarang menjadi guru juga di sekolah saya. Yang menjadi pengajar bahasa Mandarin pun juga merupakan lulusan dari sastra Mandarin sebuah perguruan tinggi negeri terkemuka. Sebelumnya di sekolah saya memang diwajibkan untuk mempelajari dua bahasa asing selain bahasa Inggris.

Di ekskul ini saya mendapat jabatan sebagai Bendahara II. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas jika organisasi ini memiliki kegiatan-kegiatan yang beraneka ragam. Ketika masa saya menjabat, salah satu kegiatan yang dilakukan adalahkegiatan mengunjungi tempat wisata yang ada di Jakarta untuk mempraktekkan ilmu yang didapat langsung kepada native person (WNA) yang sedang berwisata di tempat yang dikunjungi. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena kita bisa mempraktekkan ilmu yang kita dapat, dan tentunya bisa menambah pengetahuan kita tentang budaya dari negara yang kita pelajari.

Selain kegiatan mengunjungi tempat wisata yang banyak WNA sedang berwisata, untuk kegiatan di lingkungan sekolah sendiri tak luput dari perhatian pembina organisasi saya. Kegiatan yang dilakukan untuk lingkungan sekolah adalah seperti pementasan drama menggunakan pengantar bahasa asing, deklamasi puisi, pidato, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pelajaran bahasa. Kami tak hanya menggelar acara / kegiatan yang diadakan untuk lingkungan intern sekolah tetapi juga organisasi kami pun megikuti perlombaan yang diadakan oleh pihak luar. Seperti lomba pidato, lomba debat, cerdas cermat tentang budaya dan bahasa suatu negara dan lain-lain. Tentunya banyak piala dan penghargaan yang anggota kami peroleh karena mengikuti lomba-lomba tersebut.

Banyak sekali manfaat yang saya peroleh dari mengikuti organisasi ini. Selain menambah pengetahuan dan tentunya menambah teman,  hal ini menabah kepercayaan diri saya agar bisa menjalin hubungan dengan banyak orang yang tentunya akan sanagat berguna untuk menunjang karier saya kelak. Sepertinya saya sudah cukup banyak berkata-kata untuk menumpahkan pengalaman saya dalam hal berorganisasi  Sekian dulu cerita saya tenang organisasi yang pernah saya ikuti, semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca J

Leave a Reply

