PENERAPAN PENGORGANISASIAN PADA ORGANISASI MAHASISWA

PENERAPAN PENGORGANISASIAN PADA ORGANISASI MAHASISWA

MAYA WAHYUNING HAPSARI
34110295
1DB03
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA

A. PENDAHULUAN
Organisasi adalah sekelompok personel/orang yang bekerja sama dalam melaksanakan
tugas-tugas yang ditetapkan untuk mencapai tujuan. Setiap orang melaksanakan tugasnya
dengan penuh tanggung jawab serta berpedoman pada rencana kerja atau petunjuk
pelaksanaan kerja.
Pengorganisasian sangatlah dibutuhkan agar kegiatan-kegiatan yang berjalan dalam suatu organisasi bisa lebih terancang dan lebih teratur.

B. ISI
Sesunguhnya pengorganisasian sendiri meliputi penentuan dan penugasan dari berbagai macam golongan pekerjaan. Struktur organisasi sendiri dibagi menjadi 4 (empat) macam, yaitu organisasi garis, fungsional, garis dan staf, serta staf dan fungsional. Akan dijelaskan satu persatu tentang strukutur organisasi ini.
a. Organisasi Garis
Organisasi garis hanya mengenal satu komando. Satu wewenang yang turun dan manajer puncak langsung kepada manajer menengah dan dari manajer menengah langsung kepada mandor. Jadi perintah hanya turun dari pemimpin yang teratas.
b. Organisasi Fungsional
Bagian organisasi didasarkan pada fungsi/pekerja. Dalam organisasi fungsional,pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap atasan berwenang memberi komando pada setiap bawahan.
c. Organisasi Garis dan Staf
Bentuk organisasi garis dan staf umumnya dianut oleh organisasi besar dengan wilayah kerja yang luas dan memiliki bidang tugas yang beraneka ragam serta jumlah karyawan yang banyak. Di dalam organisasi seperti ini terdapat beberapa orang staf. Staf adalah orang yang ahli dalam bidang tertentu, yang bertugas memberi saran dan nasihat dalam bidangnya kepada pimpinan organisasi tersebut.
d. Organisasi Staf dan Fungsional
Bentuk organisasi staf dan fungsional merupakan kombinasi dari bentuk organisasi fungsional dengan organisasi garis dan staf.

C. PENUTUP
Pengorganisasian berperan sanagt penting untuk kelancaran kegiatan yang menjadi agenda dalam suatu organisasi. Tentunya dapat dibayangkan bila suatu organisasi tidak menjalankan fungsi organisasinya secara baik. Hal itu akan sangat berpengaruh buruk terhadap kinerja dari setiap bagian organisasi tersebut.

D. DAFTAR PUSTAKA
http://irpansusanto.blogspot.com/2010/03/manajemen.html
http:\\www.nurrahmanarif.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s